(0274) 4358768

Trip2Us Story

4 Makanan Khas Toraja Yang Menggugah Selera

by | 20 Aug 2021 | 0 comments

Tana Toraja memiliki keindahan alam yang menakjubkan, ditambah dengan budaya yang masih kental dan terawat. Disamping it,u hasil perkebunan kopi di Tana Toraja pun sangat tersohor di antero nusantara. Dari kedua hal tersebut menarik banyak wisatawan yang datang kesana, tapi masih banyak faktor-faktor lain yang membuat Tana Toraja selalu jadi primadona untuk berwisata, salah satu faktur lain adalah makanan khas disana, sangat menggugah selara.

Meskipun tidak seterkenal masakan daerah sulawesi lainnya, namun kuliner Tana Toraja tidak kalah menggoyang lidah dan menimbulkan rasa ketagihan.

Bagaimana tidak, setiap kuliner khas Tanah Toraja ini mampu menjajah selera melalui suapan pertama. Inilah kuliner-kuliner khas dari Tana Toraja yang wajib Anda coba :

1. Pantollo Bale (Ikan)

Pantolo Bale adalah makanan khas Toraja yang dibuat dari ikan dengan pamarasan atau sejenis rawon dan campuran rempah khas Tana Toraja. Selain Pantollo Bale ada juga Pantollo Duku (babi) dan Pantollo Lendong (belut) yang membedakan hanya bahan dasarnya saja. Pantollo Bale biasanya dibuat menggunakan ikan mas atau ikan tongkol, tergantung mana yang mudah didapat. Makanan ini disajikan tanpa kuah karena cara membuatnya dengan cara digoreng atau dipanggang. ( pic by primarasa.co.id )

 

2. Palopo

Palopo adalah makanan khas Tana Toraja yang berbahan dasar tepung sagu yang disiram air panas kemudian dibentuk bulat setelah itu ditambahkan ikan atau daging lalu dan dberi kuah yang berisi jagung dan bumbu kacang.(pic by gotravelly.com)

3. Kapurung

Makanan ini berbahan dasar sayuran, ikan dan juga sagu kemudian diolah degan bumbu tertntu sehingga menjadi makanan dengan cita rasa yang unik. Kapurung serinhg dijadikan sebagai oleh-oleh khas Manado.( pic by putratravel.net)

4. Dangkot Daging Kotte Bebek

Makanan ini dibuat dari daging bebek yang diolah dengan cara khusus dari bumbu khas Toraja dan memiliki cita rasa perpaduan antara gurih dan pedas. Dangkot daging kotte bebek sangat baik untuk kesehatan karena bisa memperkuat kekebalan tubuh atau dijadikan antioksidan, mencegah anemia, menjaga kinerja otot, dan juga menghilangkan gas dalam perut. aging bebek yang dipakai dalam masakan ini mengandung asam amino, vitamin B 12 dan sodium, serta fosfor yang banyak diperlukan oleh tubuh. (pic by toriolo.com)

Open chat
Ingin Penawaran?