Trip2Us Story

5 Aktivitas Anti Mainstream Nikmati Liburan di Jogja

by | 28 Oct 2021 | 0 comments

Liburan menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk melepaskan diri dari penatnya aktivitas
harian. Selama liburan, kamu bisa bebas melakukan berbagai kegiatan menyenangkan. Beberapaorang menyukai wisata alam, sedangkan beberapa orang lainnya lebih menyukai wisata kuliner. Di Indonesia, banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihanmu untuk berlibur. Tentu,destinasi tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kegiatan liburan yang kamu inginkan. Salah satu kota favorit untuk destinasi berlibur di Indonesia adalah Jogja. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam Jogja yang cantik, berbelanja di Malioboro, dan mencoba berbagai kuliner khas Jogjakarta. Namun, jika kamu ingin mencoba berbagai kegiatan anti mainstream saat liburan di Jogja, simak ulasan berikut ini, ya!

Menikmati panorama Pantai Parangtritis dari atas paralayang

Duduk di atas pasir Pantai Parangtritis sambil menikmati deburan ombak dan memandang
luasnya lautan memang menyenangkan. Namun, kamu juga bisa menikmati indahnya panoramaPantai Parangtritis dari atas, lho. Kamu bisa mencoba olahraga ekstrem paralayang. Aktivitas ini bisa kamu coba dari bukit Paralayang yang letaknya berada di atas Pantai Parangtritis. Tidakperlu takut, kamu akan dipandu oleh trainer andal dan tentunya dengan dilengkapi fasilitas keamanan maksimal.

Belajar memanah tradisional Jemparingan

Jemparingan adalah seni olahraga memanah yang dulu sering diselenggarakan di wilayah
Keraton Yogyakarta. Jika olahraga panah yang sering kamu temui dilakukan dalam posisi berdiri,maka Jemparingan sedikit berbeda. Olahraga panahan tradisional ini dilakukan pada posisi duduk.

Untuk belajar memanah tradisional Jemparingan saat liburan di Jogja, kamu bisa memilih dua
paket, yaitu belajar memanah saja tanpa menggunakan atribut pakaian Jawa dan belajar
memanah dengan menggunakan atribut Jawa. Paket pertama akan dikenakan biaya Rp75.000
per enam anak panah, sedangkan paket kedua akan dikenai biaya Rp150.000.

Kamu bisa mencoba kegiatan anti mainstream ini saat liburan di Jogja dengan mengunjungi Desa Wisata Banyunibo di Dusun Cepit, Prambanan, Sleman, Jogjakarta. Di sini, kamu akan diajarkan dasar-dasar menggunakan panahan.

Membuat aneka kerajinan gerabah

Saat liburan di Jogja, biasanya kamu ingin membawa buah tangan ketika pulang. Bagaimana jika kamu membuat sendiri buah tangan tersebut? Di daerah Kasongan Bantul, kamu bisa membuat sendiri aneka kerajinan gerabah. Kamu akan diajarkan bagaimana mengolah tanah liat hingga menjadi produk vas yang utuh. Kamu bisa belajar membuat kerajinan gerabah ini di Lakeisha Souvenir yang berlokasi di daerah Kajen RT 01, RW 41, Kasongan Bantul. Sesi latihannya puncukup murah. Kamu cukup membayar sekitar Rp25.000 per peserta.

Eksplor Yogyakarta menggunakan campervan

Jika kamu ingin camping saat liburan di Jogja, tetapi tidak ingin ribet, cobalah camping menggunakan campervan. Mobil besar untuk camping ini akan memudahkan kamu karenasudah dilengkapi dengan tempat tidur, tenda, alat masak, kursi, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengajak teman-teman atau keluargamu untuk mengeksplor indahnya alam Jogja
dengan paket Camper Yogyakarta dari Trip2Us. Cukup dengan Rp690.000/pax, kamu bisa
menikmati pengalaman liburan anti mainstream di Jogja bersama dengan empat orang temanmu atau lebih. Liburan di Jogja pun jadi terasa lebih eksklusif!

Berkunjung ke Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam adalah destinasi wisata terbaru di Jogja. Kamu bisa berkunjung ke
tempat yang dijuluki Mini Hollywood ini untuk menikmati suasana Indonesia pada abad ke-16.
Tempat ini dijuluki Mini Hollywood karena Gamplong Studio pernah menjadi lokasi syuting filmSultan Agung The Untold Love Story besutan Hanung Bramantyo. Lahan yang semula merupakantanah milik desa ini disulap menjadi kawasan Indonesia abad ke-16.

Masa penjajahan semakin terasa dengan adanya kereta kuda, gerbang replikasi Benteng Batavia, replika bangunan di kampung Pecinan, dan bangunan lainnya yang bisa kamu temukan di Gamplong Studio Alam. Destinasi wisata ini juga sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Jika sudah bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja saat liburan di Jogja, kamu bisa mencoba lima aktivitas anti mainstream di atas. Liburan pun akan terasa lebih menyenangkan dan tentunya berkesan. Namun, jangan lupa tetap jaga kesehatan dan perhatikan protokol kesehatan ketika berlibur di masa pandemi ini, ya. Selamat berlibur!

Referensi :

5 Aktivitas Liburan Anti Mainstream di Yogyakarta

Sambut Wisata New Normal, 5 Aktivitas Liburan Anti Mainstream di Yogyakarta

6 Destinasi Wisata Jogja Terbaru yang Anti Mainstream, Piknik Yuk

 

Ingin Penawaran?