(0274) 4358768

Trip2Us Story

6 Fakta Seputar Vaksin Covid-19

by | 7 Sep 2021 | 0 comments

Mendapatkan vaksin COVID-19 maka bisa melindungi tubuh dengan menciptakan respons antibodi di tubuh tanpa harus sakit karena virus corona. Vaksin COVID-19 mampu mencegah seseorang terkena virus corona. Atau, apabila kamu tertular COVID-19, vaksin dapat mencegah tubuh dari sakit parah atau potensi hadirnya komplikasi serius.

Dengan mendapatkan vaksin, kamu juga akan membantu melindungi orang-orang di sekitar dari virus corona. Terutama orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19. Untuk itu, ketahui fakta mengenai vaksin COVID-19 berikut :

1. Meskipun jarang terjadi, seseorang yang sudah melakukan vaksinasi masih bisa terpapar virus COVID-19 namun dengan gejala yang cenderung ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali. Hal itu terjadi saat tubuh belum membentuk imunitas yang maksimal. Sebagian kecil orang yang dapat terpapar COVID-19 meski telah menerima vaksin dengan efektivitas tinggi, karena tidak ada vaksin yang dapat melindungi 100%.

2. Vaksin mungkin tidak sepenuhnya efektif melindungi tubuh dari risiko  terinfeksi COVID-19 varian apapun termasuk varian Delta, tetapi vaksin sangat efektif dalam mencegah terjadinya gejala berat hingga kematian.

3. Kebanyakan orang yang sudah di vaksin hanya mengalami efek samping yang ringan atau tidak sama sekali, biasanya efek samping yang dirasakan adalah pusing, demam dan nyeri badan yang akan segera hilang dalam hitungan hari.

4. Meski teruji efektif, namun sebagian kecil orang yang sudah mendapatkan vaksin masih bisa terinfeksi COVID-19. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga bisa menyebarkan virus tersebut ke orang lain yang belum mendapatkan vaksin. Jadi tetap patuhi protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan, hindari kerumunan dan melakukan etika saat bersin atau batuk.

5. Imunitas yang terbentuk karena vaksin lebih efektif disbanding dengan imunitas yang terbentuk karena sudah terinfeksi COVID-19. Hal itu di karenakan vaksin akan mengurangi risiko tubuh mengalami gejala berat hingga kematian akibat COVID-19, mereka yag pernah terinfeksi belum tentu memiliki imunitas yang sama. Vaksinasi akan memberikan level imunitas yang lebih kuat.

6. Lakukan vaksinasi sesuai dosis yang di rekomendasikan agar tubuh mendapat perlindungan yang maksimal. Perlindungan penuh dari vaksin didapatkan setelah beberapa minggu setelah menerima dosis lengkap vaksin dosis lengkap. Jika mendapat jenis vaksin dengan dua dosis maka imunitas akan terbentuk maksimal 2-4 minggu setelah menerima dosis kedua.

sumber

Open chat
Ingin Penawaran?