COBA DEH KUNJUNGI AIR TERJUN TUMPAK SEWU!

Air Terjun Tumpak Sewu atau warga lokal menyebutnya dengan Grojogan atau coban dikawasan Malang dan lumajang. Banyak sekali air terjun yang ada di kedua kabupaten ini, kali ini kita bahas Air Terjun Tumpak Sewu yang kerap disebut sebut dengan Niagaranya Jawa Timur atau warga sekitar. Air Terjun Tumpak Sewu berketinggian sekitar 120 meter. Keberadaannya ada pada sebuah lembah curam dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk pada aliran Sungai Glidih yang berhulu dari Gunung Semeru. Letak teritorial dari Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan antara Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dan Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Tumpak Sewu, Malang

Tumpak Sewu, Malang

Penyebutan Niagaranya Jawa Timur bukan tanpa alasan. Dikarenakan Air Terjun Tumpak Sewu bertipe tiered sedangkan kebanyakan air terjun yang ada di Kabupaten Malang dan sekitarnya bertipe plunge, yang airnya tidak bersentuhan dengan dinding atau tebing batu dibaliknya. Yang menambah daya tarik lebih dari wisatawan untuk mengunjungi Air terjun tumpak sewu yaitu keberadaannya ada di dalam hutan, sehingga rimbunnya pohon dan sejuknya udara yang pasti gemuruhnya suara air yang berjatuhan akan menjadi suguhan ketika anda baru menginjakkan kaki disana. Sesekali, sayup suara burung berkicau dan hewan hutan lainnya akak masuk ke telinga traveler yang mengunjungi. Yang pasti pengunjung dapat merasakan sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan. Terlebih untuk para pecinta tracking dan climbing, Air Terjun Tumpak Sewu ini sangat cocok untuk dicoba jalurnya.

Apabila travelers ingin berkunjung dan menikmati air terjun tumpak sewu ada dua cara,

  1. Yang pertama, anda bisa menikmati Air Terjun Tumpak Sewu dari atas.

Air Terjun Tumpak Sewu menjadi Surganya bagi para pemburu Landscape Photography. Hal tersebut dikarenakan Air Terjun Tumpak Sewu mempunyai spot fotogenic dan dapat dinikmati tanpa harus turun ke bawah. Bonus bagi anda yang datang kesana dan kebetulan cuaca sedang cerah anda akan disuguhi dengan keindahan Air Terjun Tumpak Sewu yang dilatar belakangi dengan Gunung Semeru.

  1. Yang kedua, menikmati Air Terjun Tumpak Sewu Dengan turun kebawah dan bermain air.

Pasalnya jalur yang akan ditempuh berupa tebing yang terjal dengan elevasi 500 meter, jadinya anda harus menyiapkan tenaga dan stamina yang prima. Pada jalur tersebut hanya tersedia bantuan berupa tangga yang terbuat dari bambu yang ala kadarnya buatan dari masyakarat sekitar dan ada beberapa spot yang diberikan tambahan tali untuk pegangan para traveler yang berjuang. Tak sampai disitu perjuangannya, Setibanya di dasar jurang, travelers masih harus menyusuri aliran sungai untuk dapat merasakan sensasi dan menikmati indahnya Air Terjun Tumpak Sewu. Medan yang ada tersebut akan ditemui baik dari jalur Malang atau dari jalur Lumajang. Menurut Min2us hal tersebut pasti akan terbayar lunas bahkan berlebih oleh panorama yang disediakan apalagi disana traveler bermain air bareng sama keluarga, teman, sodara ataupun punya pasangan yang bisa diajak tracking menyusuri lembah. Pasti seru banget sih.

Menurut Min2us kedua cara tersebut sama enaknya untuk menikmati Air Terjun Tumpak sewu. Cara yang pertama ditujukan untuk para traveler yang enggan untuk bercapek ria dan yang kedua ditujukan bagi para pecinta alam yang sukanya hiking, tracking ataupun climbing.

Sebenarnya kawasan tumpak sewu merupakan kawasan wisata atau bisa dibilang kawasan terusan. Jadi, ketika traveler memasuki kawasan Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan disambut dengan pintu masuk objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Dan juga dikawasan tersebut tersedia 5 spot wisata, yaitu Panorama Tumpak Sewu, Bottom Waterfall, Tebing Nirwana, Telaga Biru, Goa Tetes.

Harga yang patok untuk menikmati panorama air terjun tumpak sewu tergolong murah yaitu sebesar Rp10.000 (Wisatawan domestik) dan Rp20.000 (Wisatawan Mancanegara). Harga tiket yang diberlakukan adalah harga pokok baik untuk weekend dan weekend dan juga berlaku sama untuk anak maupun dewasa.

Gimana Travelers kapan akan berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu? Cari Tanggal Yang sesuai dengan hari liburmu biar ngga keburu-buru menikmatinya. Yang pasti jangan lupa ajak Min2us kesana ya!!

Happy Holiday

[TRIP]

Ingin Penawaran?