(0274) 4358768

Trip2Us Story

Benteng Belgica, Benteng Terkuat menjadi Tempat Wisata yang Indah

by | 2 Jul 2021 | 0 comments

Menemukan warisan peninggalan dan bukti sejarah masa lalu di Indonesia cukup mudah dilakukan. Salah satunya bisa ditemukan saat Anda berwisata di Pulau Maluku.

Benteng Belgica dulu oleh Bangsa Belanda digunakan sebagai salah satu basis militer yang kuat dan disegani oleh musuh. Karena terletak diatas bukit maka dapat memantau seluruh wilayah Neira dan sekitarnya. Benteng Belgica juga dijadikan sebagai pusat pemerintahan Belanda sebelum akhirnya pindah ke Batavia. Benteng Belgica berbentuk segilima dengan sudut dinding luar dibuat menjorok keluar membentuk bastiong, sedangkan sudut dalamnya membentuk menara-menara benteng yang pada masa pemerintahan Asisten Residen Van Hassen (1896 – 1902) merupakan kebanggaan kota Neira.

Pada bagian dalam benteng terdapat 23 ruangan dengan ukuran dan fungsi berbeda yang dilengkapi dengan jendela sebagai pelengkap sebuah ruang yang dipergunakan pada saat itu oleh pemerintah Belanda. Sesuai data yang tertulis pada prasasti di depan benteng, bahwa Benteng Belgica didirikan pada tahun 1611 oleh Gubernur Jenderal Pieter Both yang kemudian diberbaiki dan diperluas pada tahun 1622, kemudian pada masa pemerintahan Gubernur Van Dan pada tahun 1661 – 1665 benteng ini kembali direnovasi dan selanjutnya pada tahun 1667 atas perintah Cornelis Spelman Benteng Belgica diperluas dan diperbaiki oleh seorang ahli bangunan yang bernama De Leeuw sehingga terlihat bahwa untuk perbaikan dan perluasan benteng Belgica sejak tahun 1672 telah menghabiskan banyak biaya.

Benteng Belgica mendapatkan julukan “Mahkota Berpucuk Lima Di Atas Kepala Keluarga Nassau Dan Pelindung Banda”, sejak awal berfungsi sebagai basis militer Belanda yang sangat disegani di daratan Banda dan sekitarnya.

Open chat
Ingin Penawaran?