Era pandemi Covid-19, banyak dari kita telah berjuang untuk menahan diri untuk melakukan perjalanan liburan. Dengan adanya pandemi seperti ini kita tidak harus mengentikan untuk merencanakan perjalanan agar kesehatan jiwa dan raga tetap terjaga. Jika Anda mempunyai pikiran untuk melakukan perjalanan liburan yang tak biasa setelah pandaemi seperti ini, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi beberapa tempat di Jogja untuk merasakan pengalaman dalam berpetualang. Bersantai ditepi pantai atau sekedar menikmati udara segar langsung dari alam yang asri, menikmati positif getaran yang menangkan, itu semua dapat menghilangkan stress dan penat dikepala. Kamu dapat menikmati beberapa kegiatan olahraga yang menajadi pelengkap dalam perjalanan wisata anda. karena dengan berolahraga sembari berwisata akan menjadikan diri ini kembali bugar dan siap memandang segala yang ada didepan dengan rileks. Coba Lihat destinasi wisata olahraga yang cocok dinikmati bersama teman atau kerabat anda ketika berlibur di Jogja:

Rekomendasi Wisata Olahraga di Jogja 

  1. Yoga “Balance Nature Oudoor Yoga Prambanan”
Wisata Olahraga Yoga

Wisata Olahraga Yoga

Alih-alih meletakkan tikar Anda ditempat yang nyaman, dan berlatih yoga di tengah keindahan alam anda akan memiliki pengalaman yang mempesona! Relaksasi sangatlah perlu dilakukan. Fungi dari adanya relaksasi untuk membantu mengembalikan keseimbangan otak dan meningkatkan daya konsentrasi tubuh. Dan yang terpenting dapat membuat diri ini tenang dalam berfikir. Yoga terkenal dengan berbagai manfaat yang disebutkan tersebut.

Prambanan seringkali dijadikan spot untuk olahraga relaksasi seperti yoga. Kalau dilihat kilas baliknya banyak terselenggara acara yoga festival yang dilaksanakan di kawasan Candi Prambanan. Diambil contoh Prambanan International Yoga Day yang berhasil menarik ribuan orang untuk mengikuti event tersebut dan berhasil mendatangkan instruktur yoga internasional. Berwisata dan berolahraga yoga menjadikakn perpaduan wisata olahraga yang sempurna.

  1. Bersepeda “Nature Cycling Kulon Progo”
Fun Cyling Kulon Progo

Fun Cyling Kulon Progo

Berbeda jenis olahraga seperti yang sebelumnya, berkunjung ke Kulon Progo tapi tak mencoba pengalaman bersepeda. Kulon progo kini kian populer adanya jalur sepeda yang pernah dilalui salah satu artis kenamaan ibu kota. Kini jalur tersebut diberi nama jalur Luna Maya. Jalur yang ada membentang sejauh 19 Kilometer dan menyuguhkan berbagai panorama alam yang tak membosankan.

Disambut dengan selokan mataram sebagai start point lalu berakhir di area persawahan di Porosutan, Nanggulan. Sepanjang jalur yang dilalui akan dimanjakan dengan ribuan hektar area persawahan yang hijau. Jalur sepeda yang dilalui mempunyai beberapa kontur dan menjadikan perjalanan bersepeda akan menjadi kesan dalam benak kamu. Sepanjang kamu menggayuh sepeda yang dinaiki akan melewati beberapa objek wisata yang berbeda-beda. Apabila kita perinci jalurnya adanya selokan mataram yang mempunyai nilai histori dari Jogjakarta, yang kemudian mengunjungi asrinya desa wisata Boro, lalu melewati gagahnya Talang Bowong, dan terakhir adanya area persawahan di Porosutan, Nanggulan.

  1. Bersepeda “Nature Cycling Kaliurang”
Wisata Olahraga Bersepeda Merapi

Wisata Olahraga Bersepeda Merapi

Masih seputar wisata olahraga sepeda. Tujuan yang akan dibahas kali ini adalah jalur pesona merapi. Gagahnya gunung merapi akan selalu menemani disetiap gayuhan sepedamu. Di Kaliurang kini menjadi tujuan yang kian populer kiranya sangat pas untuk dimasukkan kedalam tujuan wisata sepeda. Beberapa waktu lalu Komunitas Bike To Work (B2W) mengadakan event bertajuk Jogja Hotel Rally Cycling (JHRC). Event tersebut menarik minat banyak orang untuk mengikutinya. Hal tersebut dikarenakan menikmati gagahnya dari gunung merapi sembati mennghirup udara segar lereng gunung dipagi hari.

  1. Berpetualang “Fun Tracking Gunung Purba Nglanggeran”
Historical Tracking Gunung Api Nglanggeran

Historical Tracking Gunung Api Nglanggeran

Gunung purba ini memiliki ketinggian 700 mdpl. Yak benar, disebut dengan gunung purba dikarenakan Gunung Nglanggeran merupakan suatu gunung api purba yang terbentuk sekitar 60-70 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran memiliki batuan yang sangat khas karena didominasi oleh aglomerat dan breksi gunung api. Fun tracking disini ditujukan buat kamu semua yang ingin menikmati jogja tapi dengan sensasi yang berbeda. apabila kamu berkunjug ke gunung api nglanggeran kamu bisa tracking yang dibarengi dengan wisata buah yang ada diawasan dengan luas 20 hektare. Serta kamu bisa mengunjungi embung atau waduk buatan yang dibuat untuk tadah huja serta berfungsi untuk mengairi kawasan sekitar dikala musim kemarau. Adanya Kawasan Embung (waduk mini) diatas bukit seluas 0,34 Ha untuk pengairan kebun buah seluas 20 Ha dengan pemandangan yang sangat indah. Rasakan keseruan sambil menikmati pemandangan hijau subur yang indah. Anda tidak akan merasakan sensasi menaiki gunung dengan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan tenaga lebih.

  1. Berpetualang “Historical Tracking Bukit Kleco”
Wisata Olahraga Fun Tracking

Wisata Olahraga Fun Tracking

Historical Tracking Gunung Api Nglanggeran

Historical Tracking Gunung Api Nglanggeran

Bergeser ke tepi barat provinsi Jogjakarta. Ada buit kleco yang berlokasi di Dusun Duwet, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Fun Ada tantangan tersendiri untuk mencapai Puncak Kleco ini. Para wisatawan bisa melakukan trekking sejauh 1 km dengan medan yang cukup menanjak. Perjalanan trecking akan sangat memberikan warna yang berbeda jelas. Karena di bukit kleco terdapat nilai hostrical yang harus diperhatikan karena dapat memperluas pemahaman kita terlebih disejarah. Kita akan menempuh rute dan akan melewati berbagai situs,  diantaranya ada patung diponegoro untuk mengingatkan kita kepada peristiwa pelantikan Pangeran Diponegoro sebagai Sultan Perang dengan gelar Sultan Abdul Hamid Heru Cokro Kabiril Mukminin Sayidin Panotogomo Kalipatuloh tanah Jawa.

Diteruskan dengan melewati Gua Upas yang konon katanya dahulu dijadikan tempat pertapaan Pangeran Diponegoro. Masih ada banyak tempat dengan banyak ceritanya seperti Situs Rumah Sandi, Makam Pangeran Abubakar, Goa Sriti, Bumi Perkemahan Tinalah, Kedung Erong, Curug Blondo dan berakhir di Puncak Kleco.

Jogja bukan hanya rumah untuk kembali. Bukan hanya lagi tentang keindahan alam, keragaman budaya, makanan lezat, situs bersejarah, dan tempat hiburan. Sering kali dijadikan sebagai penyelenggaraan event internasional.

Dan kini berwisata bukan hanya untuk mengunjungi tempat yang indah dan juga bersejarah lalu melakukan swa foto serta ditutup dengan wisata kuliner. Akan tetapi apabila kamu bisa berwisata olahraga akan menjadi tambahan yang berarti ikut menguatkan sistem imuntubuh pada saat pasca pandemi seperti ini.

[TRIP]

Ingin Penawaran?