Fakta Unik Banyuwangi

                Salah satu Kabupaten di Indonesia ini termasuk ke dalam Kawasan Tapal Kuda. Tapal Kuda? Dinamakan demikian karena bentuk dari kabupaten ini mirip sekali dengan tapal kaki pada kuda.Banyuwangi menjadi salah satu tempat yang dijadikan destinasi wisata menarik. Selain itu, terdapat beberapa fakta unik dari kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini, antara lain :

  1. Kabupaten Terluas di Jawa Timur

Dari sekian kabupaten di provinsi Jawa Timur, Banyuwangi yang memiliki luas sekitar 5.782,50 kilometer persegi.

Peta Kabupaten Banyuwangi

  1. Legenda Sri Tanjung

Nama Banyuwangi berasal dari sini. Sri Tanjung istri dari patih Sidopekso ini membuat Prabu Sulahkromo jatuh cinta hingga menugaskan Patih Sidopekso untuk melakukan tugas yang mustahil namun Patih Sidopekso dengan patuh menjalankannya.

Saat Patih Sidopekso menjalakan tugas, Prabu menggoda Sri Tanjung namun sama sekali tidak membuat kesetiaan Sri Tanjung goyah.

Ketika Patih sudah Kembali dan mendengar kejadian tersebut, ia sangat murka. Prabu mengatakan kepada Patih bahwa ia sudah digoda oleh Sri Tanjung, hingga Patih Sidopekso menghujamkan keris dan siap membunuh istrinya.Sri Tanjung sama sekali tidak bisa membela diri, hingga ia berkata agar mayatnya dibuang ke sungai yang keruh apabila airnya menjadi jernih dan harum maka Sri Tanjung tidak bersalah dan sebaliknya. Ketika mayatnya dibuang, sungai berubah menjadi jernih dan harum hingga Patih menyebut “banyu…wangi…banyu…wangi”

  1. Memiliki banyak tempat wisata

Banyuwangi memiliki banyak sekali tempat wisata seperti  Kawah Ijen, Kawah Ijen menjadi tempat terpopuler di Banyuwangi. Bukan hanya kawahnya yang indah tetapi juga pertambangan belerang yang ikonik. Selain itu juga Kawah Ijen memiliki fenomena Blue fire.

Taman Nasional Baluran

Video Klip “Jatuh hati” milik Raisa diambil di Taman Nasional Baluran. Tidah harus jauh-jauh ke Afrika untuk melihat savana yang indah, Banyuwangi juga tidak kalah indahnya.Disini kalian bisa melihat satwa liar seperti rusa yang sedang bermain.

Taman Blambangan dan Taman Sri Tanjung

Disini sering diadakan pameran kuliner dan banyak makanan khas Banyuwangi yang dijual di tempat ini

Taman Blambangan dan Taman Sri Tanjung

Pantai Pulau Merah

Nama Pulau Merah berasal dari pulau yang tidak jauh dari pantai dan memiliki tanah yang berwarna merah. Pulau Merah bisa dicapai dengan jalan kaki apabila air sedang surut. Di Pulau Merah, ombak relative aman dan cocok untuk peselancar pemula.

Pulau Merah

Pulau Tabuhan

Pulau yang pas untuk bermaiun kiteboarding dan juga snorkeling dengan keindahannya.

De Djawatan

Tempat yang memiliki 50 pohon trembesi yang besar dan juga unik, awalnya tempat ini terlihat seram namun setelah di tata sedemikian rupa menjadi salah satu tempat wisata yang recommended

De Djawatan

Taman Nasional Alas Purwo

Mendengar Namanya sudah terlihat seram ya travellovers? Di taman ini, kalian bisa melihat savana yang indah dan juga beberapa hewan langka seperti Banteng Jawa, Anjing hutan dan lutung kelabu.Dan masih banyak lagi, seperti Teluk Hijau, Pantai Plengkung, Pantai Sukamamade dan lain sebagainya .

Bagaimana? Tertarik liburan tanpa ribet ke Banyuwangi? Yuk ajak Trip2us bersamamu

Ingin Penawaran?