MICE? APA ITU?
MICE TRIP2US

MICE TRIP2US

Di luar bidang pariwisata dan event, mungkin Sobat Min2us sedikit asing ketika mendengar kata MICE. Lantas apa MICE sebenarnya?
Kegiatan MICE dihubungkan dengan kegiatan pariwisata. Definisi juga diberikan untuk wisata kovensi, seperti yang dituturkan oleh Pendit dalam Ilmu Pariwisata (1999): Usaha penyediaan jasa konvensi, perjalanan insentive, dan pameran merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan, dan sebagainya) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.
Mice (Meeting, Incentive, Confference and Exhibition) memberikan warna yang beragam dan memberikan suatu yang berbeda terhadap jenis kegiatan industri jasa yang identik dengan pemberian pelayan/services.

Industri MICE dalamnya terdapat bidang meeting, incentive, conference, and exhibition, menunjukkan trend yang menggembirakan. Berbagai acara Meeting, Incentive, Conference, And Exhibition yang berskala internasional yang telah diselenggarakan di Indonesia diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan produk lokal kreatif Indonesia. Berbagai jenis produk ekonomi kreatif yang dipamerkan diharapkan mampu ikut serta dalam mendorong tumbuh kembangnya pelaku kreatif sehingga nantinya dapat ikut serta dalam mendongkrak ekonomi regional dan nasional.

Terdapat baberapa kota besar yang ada di Indonesia yang masih menjadi pusat indusri MICE berskala nasional maupun internasional dapat mendukung promosi dan penjualan produk Indonesia. Penyelenggaraan berbagai kegiatan baik itu berupa mega sport event; meeting, incentive, conference, exhibition (MICE); mega entertaintment event (live music event yang menjadi trend di dunia saat ini), festival dan berbagai festifal lainnya akan mendorong tumbuhnya industri. Industri MICE ikut serta dalam urusan peraihan devisa, peningkatan citra, investasi, pengembangan usaha kecil, dan lain sebagainya.

Lantas, apa saja yang masuk dalam kategori MICE? Diantaranya adalah meeting/convention industry, sport industry, exhibition industry, music (live music/concert) industry, dan lainnya. Dengan kata lain, Kegiatan MICE mempunyai peluang dalam pembangunan ekonomi akan semakin terbuka lebar di masa mendatang, asal saja aspek ukuran, manajemen dan pemeliharaan berbagai venue itu terjaga dengan baik dari waktu ke waktu. Dan banyak negara telah berjuang mati-matian saat ini untuk mengambil posisi dalam masing-masing industri itu. Ekonomi kreatif dapat berperan penting dalam upaya mengatasi krisis keuangan global. Ketika pertumbuhan ekonomi tengah melesu di kondisi krisis, ekonomi kreatif berbasis budaya dan pariwisata tetap dapat tumbuh positif terhadap pasar MICE,

MICE TRIP2US

MICE TRIP2US

KELEBIHAN MICE?

Banyak faktor pendukung MICE dapat menjadi solusi yang tepat terhadap pihak yang melakukan suatu kegiatan diantaranya:

  1. MICE Menjadikan Lama Tinggal (Length Of Stay) Lebih Lama

Kegiatan MICE menjadikan waktu tinggal disuatu kota terbilang lebih lama. Suatu lembaga yang menggunakan MICE untuk kepentingan bersama seringkali melakukan suatu kegiatan diluar kota dan membutuhkan waktu yang lama. Untuk menyediakan tempat dan menekan biaya operasional pihak penyelenggara jasa MICE  dapat memberikan kelonggaran waktu sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mice Menghasilkan Banyak Variasi Services

Dimana ketika berkunjung ke suatu kota pasti mengalami suatu kebingungan. Banyak service yang bisa didapatkan ketika bermalam disuatu hotel akan tetapi jikalau bermalam hanya untuk satu kamar dan tak melakukan banyak kegiatan. Ketika menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia jasa akan memberikan banyak service yang didapatkan. Dimana bisa menambahkan  atau merubah bentuk pelayanan dilakukan sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan. Jadi, tak hanya terpaku pada fasilitas yang telah menjadi kualifikasi minimal. Contoh kecilnya, dimana pihak yang mempunyai acara dapat meminta terhadap penyelenggara acara untuk menambahkan hiburan dalam kegiatannya, bisa mengakhiri dengan berkunjung ke tempat wisata  yang ada pada daerah tersebut.

  1. MICE Memberikan Dampak Keuntungan Bagi Bidang: Percetakan, Hotel, Perusahaan Souvenir, Biro Perjalanan Wisata, Transportasi

MICE memberikan dampak yang sangat banyak dan berbagai bidang ikut andil didalamnya. Hotel yang dijadikan venue selama melangsungkan kegiatan, biro perjalanan wisata yang menjadi event organizer dalam acara tersebut, transportasi yang dijadikan sebagai alat perpindahan dari satu daerah dan daerah yang lain, penyedia makanan dan penyedia souvenir.

Dan yang pasti dalam kegiatan MICE dapat menjadikan lahan pekerjaan baru bagi orang lain.

  1. MICE Menekan Biaya Yang Dikeluarkan

Pasti dalam suatu acara pasti membutuhkan biaya yang berlipat. Apalagi dalam sebuah acara yang besar. Apabila suatu acara yang besar diproyeksi dengan sendiri akan membuat pembekakan biaya dan yang pasti akan membuat keriweuhan tersendiri? Ketika menggunakan jasa event organizer dalam MICE akan menekan biaya yang dikeluarkan.

Dengan adanya MICE Para individu juga lebih termotivasi untuk mendapatkan jasa event organizer melalui agent travel karena dapat menekan dan menetralkan kondisi keuangan, mereka menghemat untuk perjalanan pribadi, harga terjangkau dengan kualitas yang memukau, namun keragaman penawaran yang sesuai dengan kebutuhan grup lebih utama. Dari segi kota penyelenggaran pertemuan, Indonesia memiliki tiga kota utama baik outbond atau inbound yaitu Bali, Jakarta dan Bandung Tentunya hal ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan industri MICE tak hanya di Jakarta atau di Bali, akan tetapi di kota-kota lainnya. Tak menutup kemungkinan kota dimana banyak tempat wisata, seperti Malang, Yogyakarta dan Solo.

Ingin Penawaran?