Benar kata M.A.W Brouwer “Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan Sedang Tersenyum“. Satu alasan yang melatarbelakangi mencuatnya kalimat tersebut, karena kekayaan bumi pasundan akan alam yang disuguhkan. Bicara Bandung saja sudah tak ada habisnya baik kota dan kabupatennya untuk  di eksplore. Tak hanya ada Ciwidey dan Lembang ketika ingin menikmati alam. Kini muncul satu lagi masih disekitaran Kabupaten Bandung, yaitu wisata alam Pangalengan.

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pangalengan terletak 40 km di selatan Kota Bandung atau sekitar 29 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang. Kekayaan alam di Pangalengan sangat bernaneka ragam. Ada wahana rafting, golden sunrise point tersebar di banyak titik juga pemandangan yang mengelilingi. Atau kamu mau menikmati keindahan alam dengan campervan atau hanya sekedar bercamping? Atau hanya ingin menikmati keaslian udara dan kesegeran mata dengan memandangi kehijauan daun teh yang menghampar luas? Itu semua bisa ditemui ketika berkunjung ke Pangalengan.

Lalu dimana saja untuk menemukannya ketika berkunjung ke Pangalengan? Mari kita ulas lebih lanjut suguhan alam di Pangalengan dan bagaimana keseruannya.

  1. SUGUHAN RAFTING PANGALENGAN

Rafting Sungai Palayangan, Pangalengan

Rafting Sungai Palayangan, Pangalengan

Bagi kamu yang mempunyai jiwa adventure tinggi, sangat patut untuk mencoba rafting di salah satu sungai daerah Pangalengan. Rafting di sungai palayangan dengan aliran air yang segar khas pegunungan dengan debit air yang relatif stabil sepanjang tahunnya membuat jiwa adventure tergugah. Apalagi ditambah dengan batuan alam yang sedemikian rupanya akan menimbulkan sensasi yang pasti menyenangkan.

  1. SUGUHAN SUNRISE DAN SUNSET POINT PANGALENGAN

Sunrise Point, Pangalengan

Sunrise Point, Pangalengan

Ketika berkunjung ke Pangalengan tapi tak menyempatkan untuk melihat sunrise dan sunsetnya pasti ada yang kurang ketika pulang nantinya. Dengan banyaknya bukit di Pangalengan kamu bisa menikmati golden sunrise yang dipadukan hamparan kebunteh yang diselimuti kabut tipis. Cukul Pangalengan dirasa menjadi destinasi yang sangat tepat untuk menikmati sunrise. Bukit yang dikelilingi tumbuhan teh tersebut seringkali membungkam dengan pesona golden sunrisenya. Atau kita bisa menikmati sunset ditanah Pangalengan dengan berkunjung ke situ cileunca. Panorama pinggir danau dengan bukit yang berjejer seakan mennutup hari yang cantik ketika berlibur ke Pangalengan

  1. SUGUHAN TEA WALK PANGALENGAN

Tea Walk, Pangalengan

Tea Walk, Pangalengan

Lokasi geografis pangalengan yang tinggi berhasil menghasilkan kebun teh yang menghampar hijau. Pesona tea walk di kebun teh yang menghampar hijau ternyata berhasil mengalihkan para wisatawan untuk mengunjungi. Tea walk yang dimkasud yaitu dimana kamu bisa berjalan di tengah kebun teh dengan rute yang telah ditentukan agar tak merusak ekosistem. Selain banyaknya spot foto, kamu juga dapat berkunjung ke pabrik pengolahan teh lokal bertaraf internasional.

Untuk menikmati tea walk pangalengan dapat kamu temui di Kebun Malabar, Kebun Teh Cukul, Wayang Windu.

  1. SUGUHAN CAMPING GROUND PANGALENGAN

Camping Ground, Pangalengan

Alam Camping Ground, Pangalengan

Kalau harus bergegas guna menikmati sunrise di spot tertentu mungkin beberapa orang akan kewalahan. Namun kamu jangan khawatir, di kawasan wisata alam Pangalengan kamu dapat memilih untuk bercamping. Berbagai jenis camping ground dan penginapan pun disediakan dikawasan sekitar sunrise point. Bagi overlander yang ingin bercamping dengan campervan bisa banget.

Bagi yang ingin bercamping dipinggir danau seperti di Ranu Kumbolo, Situ Cileunca, Citere Camping Ground menjadi pilihan. Pasalnya para traveler dapat bercamping dipinggir danau dan dihadapkan dengan deretan pegunungan.

Suguhan camping ground dengan dikelilingi pohon pinus, Hutan Pinus Rahong, Pineus Tilu Camp Ground, Situ Datar Camp Station dapat dijadikan pilihan. Sejuknya udara dipagi hari dan dinginnya malam seolah mengajak kamu merasakan camping diarea tracking pegunungan.

Banyaknya pilihan camping ground di Pangalengan, kamu disodorkan pilihan lain dalam bercamping, kali ini Pangalengan menggoda untuk bercamping diarea perbukitan. Atau bisa dibilang kita bercamping diketinggian 1600mdpl. Beratapkan langit waktu tidur pasti terasa seru. Taman Langit Pangalengan, Artapela Hill menyediakan view yang indah disekelilingnya. Namun tenang saja, bagi kamu yang tak ingin tidur ditenda, dikarenakan kawasan alam Pangalengan ini tidak kekurangan fasilitias. Cileunca Lakeside, Saung Awi menyediakan tempat penginapan dengan view yang bagus. Ketika kamu bermalam di Cileunca Lakeside kamu bisa menikmati indahnya situ cileunca dimalam dan pagi hari. Dikarenakan bangunan penginapan yang kamu tempati menghadap langsung ke danau.

Berbeda dengan Cileunca Lakeside, Saung Awi memberikan sensasi penginapan yang berbeda. Jikalau Cileunca Lakeside menyuguhkan danau didepan kamar. Saung Awi menyuguhkan sungai Palayangan. Jadi, tidur nyenyak semalam akan ditemani dengan suara aliran air yang menenangkan.

Tenang saja, untuk peralatan camping yang dibutuhkan dapat kamu sewa dikawasan Pangalengan. Pasalnya disana terdapat banyak titik penyewaan alat dan bahan untuk bercamping. Atau dapat juga kamu custom trip di Trip2us sesuai dengan kebutuhan liburanmu.

Sungguh, sejuta kekayaan alam yang ada di Pangalengan sangat menjanjikan. Bisa dikatakan Pangalengan merupakan surga bagi para traveler. Menarik bukan alam yang ada di Pangalengan?

See You On Trip

Happy Holiday

[TRIP]

 

Ingin Penawaran?