Sembalun terletak di lereng Gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung dari 7 gunung tertinggi di indonesia. Sembalun adalah sebuah kecamatan di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kecamatan Sembalun memiliki luas wilayah 217,08 Km2. wilayah geografis yang tinggi menjadikan kawasan sembalun menyuguhkan beraneka ragam keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Ada apa saja dikawasan sembalun? Mari kita ulas lebih lanjut.

  1. Petik Buah Strawberry di Pusuk Sembalun
Pusuk Sembalun, Lombok

Pusuk Sembalun, Lombok

Yang pertama kamu bisa merasakan sensasi memetik buah strawberry. Ketika traveler turun dari puncak Pusuk Sembalun akan disuguhkan oleh perkebunan warga lokal terhampar luas. Menanam buah dan sayur menjadi profesi dari warga sekitar termasuk kebun buah strawberry yang berderet sepanjang jalan. Ketika Traveler ingin mencoba sensasi memetik buah strawberry dapat langsung tinggal turun turun dari kendaraan yang dinaiki dan juga buah yang sudah dipetik bisa dimakan. Selain dari itu, sembari memetik buah strawberry, traveler bisa birenteraksi langsung dengan petani Sembalun.

  1. Menikmati Sunset View di Bukit Pergasingan
Sunset View, Sembalun, Lombok

Sunset View, Sembalun, Lombok

Dirasa kurang apabila sudah jauh ke sembalun tapi tidak menikmati keindahan sunset di sore hari. Bagaimana tidak, kecamatan yang letaknya di lereng tinggi Gunung Rinjani tersebut menyuguhkan sunset view yang sayang untuk dilewatkan. Pesona sunset view dapat traveler temui di Bukit pergasingan yang menjadi salah satu spot favorit untuk menikmati sunset. Di Bukit pergasingan tersedia pedagang yang menyediakan beranekaragam makanan siap saji dan makanan khas Lombok yang menjadi pelengkap traveler.

Sunset view yang ada pada bukit pergasingan menyuguhkan pemandangan gunung rinjani yang gagah berdiri, hamparan pegunungan dan luasnya permukiman yang ada dibawahnya. Hal tersebut menambah kesan ciamik ketika traveler berkunjung kesana. Dan yang pasti sangat cocok untuk berfoto ria disana.

  1. Pesona Air Terjun
Panorama Air Terjun, Sembalun, Lombok

Panorama Air Terjun, Sembalun, Lombok

Bicara tentang alam pegunungan di pulau Lombok, khususnya pegunungan di bawah kaki Gunung Rinjani. Salah satu bukti keindahan alam yang ada di Sembalun yang terpampang nyata keberadaan air Terjun. Kita ambil contoh 2 (dua) air terjun yang mempunyai panorama yang bagus yaitu Kerta Gangga yang berlokasi di Dusun Kertaharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara memiliki ketinggian dari 35-40 meter. Dan Tiu Pupus yang terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggelang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Objek wisata air terjun tersebut lokasinya berdekatan. Akan tetapi pemerintah belum mengelolanya secara penuh, traveler yang akan berkunjung kesana diusahakan membawa bekal sendiri. dan untuk tiket masuknya belum dipatok alias masih gratis.

Jangan hirau dulu, masih banyak air terjun yang cantik nan ciamik yang ada di kawasan sembalun ini. Traveler tinggal pilih saja mana yang ingin dikunjungi.

  1. Desa Wisata Beleq
Rumah Adat Beleq, Desa Wisata Beleq, Lombok

Rumah Adat Beleq, Desa Wisata Beleq, Lombok

Lokasi Desa wisata Beleq berada di kaki Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 (Mdpl). Pergasingan dan Selong. Ketika traveler sedikit mendaki ke atas Bukit Selong jika melihat ke kiri akan terlihat tujuh rumah adat Desa Beleq, sedangkan ke kanan hamparan lahan pertanian yang berlatarbelakangkan Bukit Pergasingan.

Dikutip dari cerita yang ada dan beredar, 7 tempat tinggal tujuh kepala keluarga untuk memulai kehidupan barunya di tanah leluhurnya yang telah ditinggalkan selama ratusan tahun. Rumah adat Beleq terbuat dari jerami atau daun ilalang dengan berdindingkan anyaman bambu, untuk lainnya terbuat dari tanah yang tingginya di atas permukaan setelah dilapisi kotoran sapi.

Nah, apabila traveler berkunjung kesana dapat melihat langsung rumah adat beleq yang benar-benar sangat tradisional dan sampai sekarang masih dilestarikan untuk wisata. Agar pihak luas bisa melihat langsung.

Jajaran bangunan pertama sebanyak empat rumah sedangkan di baris kedua tiga rumah. Tepat di ujung tengah-tengah barisan rumah itu, kiri kanannya berdiri dua lumbung untuk menyimpan persediaan makanan.

Nah, gimana nih. untuk ongkos atau tarif bisa kamu kunjungi diĀ PAKET SEMBALUN RINJANI GILI TRAWANGAN 3 HARI 2 MALAM atau bisa juga kontak Min2us via socmed yang sudah tertera ya.

Happy Holiday

Sampai jumpa di Sembalun dengan sejuta keindahan alamnya.

[TRIP]

Ingin Penawaran?